Review : The Conch Bearer; Keong Ajaib

Judul : The Conch Bearer; Keong Ajaib

Penulis : Chitra Banerjee Divakaruni
Alih Bahasa : Gita Yuliani K.
Penerbit : Gramedia
Cetakan Pertama : Februari 2004
Tebal : 272 halaman, paperback

Review
Aku tertarik karena covernya yang lucu. Bernuansa coklat, kesannya kalem banget gitu deh... ternyata! Buku yang kaya imajinasi ini bercerita tentang petualangan seorang anak laki-laki berumur dua belas tahun bernama Anand. Kesan kalem langsung ambles dengan deskripksi detail didalamnya, seakan-akan kita ikut bersama Anand mengikuti petualangannya.
Membaca novel ini serasa membaca cerita Harry Potter digabungkan dengan cerita Lord of the Ring
Lucunya, buku ini menjadikan keong sebagai ‘objek’, yang kita anggap bukan apa-apa ternyata adalah hal yang hebat! Ini yang bikin kita nggak boleh ngeremehin sesuatu yang kayaknya nggak penting.
Sedikitnya, kita bisa mengambil dan belajar gambaran kehidupan orang India yang keras, sebutan-sebutan, dan makanan khas mereka.

Kesimpulan
Buku ini mengajarkan kita buat ikhlas dan rela. Cocok banget dijadiin hadiah buat adik atau sepupu kita yang masih pada bau kencur. Sebelum kena yang aneh-aneh, mari kita cekoki dengan bacaan bermutu semacam ini...

Mengikuti perjalanan Anand memang tentang seputar anak-anak dengan kehidupan yang penuh tantangan. Karena main plotnya tidak terlalu berat dan ukuran hurufnya juga standar untuk buku anak

Quotes
” Bahaya akan menimpa kita kapan saja. Kita tidak bisa menghentikannya. Kita hanya bisa berusaha mempersiapkan diri. Tidak ada gunanya menunggu-nunggu bencana dan menderita pengaruhnya bahkan sebelum ia datang.” Hal. 102

Tidak diingat orang lagi ~ bukankah itu semacam kematian?” (hal 258)

” Untuk bisa meraih sesuatu yang besar, seseorang harus melepaskan cengkeramannya atas sesuatu yang lain yang juga sama disukainya.”

"berbagi apa yang kita punyai dengan orang lain betul betul terasa menyenangkan" hal 19


Yang kurang disukai
Goal di cerita ini nggak kena di hati. Kesannya dapet pertolongan Tuhan Instan langsung terkabul Hehehe... atau mungkin memang dibuat begitu karena dongeng ?


Rating : 3 bintang

Review ini disertakan dalam Finding New Author RC 2013