Review :Petualangan Tintin Wartawan “Le Petit Vingtieme” di Tanah Soviet

Judul: Petualangan Tintin Wartawan “Le Petit Vingtieme” di Tanah Soviet
Penulis: Herge
Penerjemah: Donna Widjajanto
Penerbit: Gramedia
Tebal: 142 halaman
Cetakan: April 2008

Deskripsi
Karya pertama Hergé.

Pertama kali diterbitkan antara 20 Januari 1929 - 11 Mei 1930 sebagai strip-komik pada harian Belgia "Le Vingtième Siècle". Diterbitkan sebagai buku pada tahun 1930

Review

Tintin di Soviet adalah kisah pertama dari wartawan berjambul asal Belgia, Tintin. Berbeda dengan kisah-kisah Tintin lainnya yang penuh warna, Tintin di Soviet tampil dalam kemasan hitam-putih. Inilah kisah yang pertama kali membuat Tintin dikenal di dunia. Uniknya, Herge selaku penulis cerita Tintin bahkan tidak pernah mengunjungi Soviet.

Alkisah, wartawan surat kabar Belgia, Tintin bersama anjing kesayangannya Milo (Snowy?) ditugaskan untuk pergi ke Soviet guna mengumpulkan informasi tentang negara beruang merah tersebut. Selama dalam perjalanannya itu, Tintin selalu diganggu oleh orang-orang suruhan pemerintahan komunis yang diperintahkan untuk membunuh Tintin. Namun yang terjadi, Tintin selalu berhasil selamat dari maut dan bahkan pulang sebagai pahlawan. Berbeda dengan kisah Tintin lainnya yang serius, Tintin di Soviet menghadirkan cerita yang lucu, kocak, dan penuh humor. Nampak sebagai satir politik yang mengundang senyum maupun tawa.

Rating :
4 Bintang Dari 5 Bintang