Close in Interview Anggota Blogger Buku Indonesia

Ketika ada acara Close in Interview saya dapat kehormatan wawancara dengan mbak Lina Ryanti. blognya http://lady-storytelling.blogspot.com/?m=1

Ternyata mbak Lina ini anggota baru BBI tepatnya 20 Maret 2013, Berikut ini petikan wawancara dengan beliau.
1. Kapan mbak join dan mulai aktif di Blog Buku Indonesia ?

Tanggal 20 maret saat saya terima email dari divisi keanggotaan BBI kalau permohonan keanggotaan saya sudah disetujui. Reaksi saya saat itu senang banget, karena secara pribadi itu juga suatu kemajuan bagi diri saya untuk lebih aktif dalam suatu hal.

2.Kenapa tertarik ikut BBI?

Kenapa tertarik ikut BBI ? karena saya suka baca dan suka buku (hehehe klise yah), lebih tepatnya supaya saya bisa ngurangin timbunan buku2 bacaan di rumah dengan join BBI jadi lebih berasa ada tanggung jawab untuk itu karena kita harus update blog, jadi dengan begitu dari segi timbunan buku berkurang dan dari segi blog lebih serius dengan di update, itu yang pertama.

Selain itu selama ini saya ngga pernah ikut atau gabung organisasi manapun. Lone wolf lah istilahnya dan saya merasa kesepian karena jujur saja orang yg suka atau hobbi baca buku itu dalam real life saya itu jarang ada. Awalnya sebelum buat blog, saya cuma review singkat dan sederhana via goodreads sambil bikin compare/perbandingan sama temen2 di gr. Cuma berasa itu saja ngga cukup, karena timbunan buku-buku saya tetap banyak, secara ngga ada yang motivasi kalau via goodreads doank. Trus saya sering lihat banyak giveaway berhadiah buku, ada ikut tapi gak pernah menang trus kepikir di rumah juga saya ada buku2 yang udah ngga bakal saya baca ulang, kenapa ga di giveaway aja, emang bisa aja sih macam dijual karena kondisi buku masih bagus tapi setelah saya pikir, kasih gratis aja karena sekiranya saya tau kemana buku saya berada (sesama orang yg hobby buku)

Alasan ketiga, ngga munafik lah, dengan gabung BBI pasti kita berharap blog kita lebih banyak dilihat. Dan dengan makin banyak dilihat saya berharap bisa berguna bagi para pembaca blog (pembaca yg mau beli buku, penerbit yang mau terbitin suatu buku, tau para penulis)

3. Coba mbak ceritakan siapa diri mbak, kan banyak anggota BBI belum kenal

Nama saya Lina Riyanty, panggil Lina saja, ngga usah pakai mbak, adik atau kakak, supaya lebih deket dan ngga formal :D
Pekerjaan : saya karyawan swasta yang bekerja di bidang expor-import lebih tepatnya khusus import. Saya bagian operasional yg berarti pekerjaannya serabutan (booking container, contact agent di negara lain, customer service, dll, saya kerja Senin-Sabtu >< kantor saya dekat dengan rumah saya yaitu di Sunter, Jakarta Utara. Umur sudah termasuk tua, tgl lahir 14 Maret.

4.Asal muasal nama blog darimana?

Sebenarnya tadinya mau storyteller tapi udah ada yang pakai, jadilah story-telling. Saya pakai nama lady karena saya perempuan, dan berhubung blog ini tentang buku, 90% isi blog saya mengenai review buku2 yg pernah saya baca. Dan saat mereview itu ibaratnya kita bercerita mengenai sebuah kisah. Makanya saya pakai nama lady-storytelling dan header imagenya pun saya pilih seorang peri yang sedang bercerita dan kebetulan peri adalah mahluk fantasi favorit saya.

5.Apa ada Blog lain selain blog buku? ya ada. Saya ada 1 blog lagi di blogspot yaitu http://arynity.blogspot.com/ sesuai namanya blog geje karena isinya ga jelas, itu blog personal saya, isinya bisa apa saja suka-suka saya tapi kebanyakan curhat dan opini. Nama arynity diambil dari nama belakang saya yaitu Riyanty cuma hurufnya diacak. Selain itu ada lagi 1 blog diluar blogger yaitu tumblr. Alamatnya http://rebel-the-way.tumblr.com/ ini lebih seperti blog guilty pleasure, isinya 95 % hasil reblogged dan gambar2 :D

6.siapa Pengarang buku favorit mbak Lina dan apa alasannya ?

Ada banyak. Tapi ada beberapa yang benar-benar menginspirasi yaitu J.K Rowling (pengarang Harry Potter series) alasannya cukup jelas karena yah dia Rowling yg bisa membuat cerita yang fenomenal dengan tokoh-tokoh yang memorable. Jonathan Stroud (penulis Bartimaeus), saya suka karena dia bisa buat buku yg penuh humor dan sarkasme. Kalau dari Indonesia sendiri, sayangnya belum terlalu banyak buku Indonesia yg saya baca, bukan karena saya ngga suka sama penulis dalam negeri tapi genre favorit saya adalah fantasi dan waktu itu belum banyak penulis fikfan (fiksi fantasi) dalam negeri. Kalau sekarang sih sudah banyak, tapi saya belum sempat baca banyak buku2 mereka jadi saya belum bisa menilai mana yang favorit saya, tapi sejauh ini saya lihat banyak yang berpotensi. Mungkin kalau suruh sebutkan 1, saya suka Shienny MS, penulis Ther Melian.

7. Lalu Buku favorit mbak Lina apa dan alasannya ?
Ini juga ada banyak, bisa di cek di rak fave saya di goodreads http://www.goodreads.com/review/list/2098513-lin-lin?format=html&shelf=my-favorite
tapi saya akan jelaskan lebih lanjut kenapa saya buku2 tersebut.
- Harry Potter series, alasannya sama dengan pengarang di atas.
- The Bartimaeus series : karakternya yang sangat entertain dan endingnya bikin mulut menganga
- Demon's Lexicon by Sarah Rees Brennan : walau YA tapi yg difokuskan bukan romancenya tapi lebih ke hubungan persaudaraan antara kakak beradik Nick dan Alan, selain itu juga plot twistnya.
- The Hunger Games trilogi by Suzanne Collins : suka banget sama Katniss Everdeen, pengarang benar2 bisa menggambarkan karakter gadis tangguh dan rapuh sekaligus. Selain itu ini salah satu buku yg sukses bikin aku ngga mau udahan kalau belum selesai sampai halaman terakhir karena ceritanya seru dan kita selalu dibuat penasaran sama what happen next?
- Knife (Fairy rebel #1) by R.J. Anderson, suka karena temanya beda dari YA pada umumnya, tentang peri yg justru tertarik dengan dunia manusia dan tokoh cowonya berkursi roda tapi tetap dideskripsikan "cool" dan endingnya menghangatkan hati tapi realistis.
The Iron King by Julie Kagawa, suka karena walau pengarang ngga memakai jagoan perempuan yg badass/jago karate tapi tetap likeable dan dengan caranya sendiri dia berusaha membantu tokoh-tokoh lain tanpa kekerasan, maksudnya kekuatan ngga harus fisik melulu.
Ada lagi sih, tapi terlalu banyak kalau disebutkan semua.

8.seandainya mbak Lina jadi tokoh buku penginnya jadi siapa dan kenapa?
Menjadi tokoh dalam buku ? Mungkin rada aneh tapi aku ingin jadi Severus Snape muda dari Harry Potter. Kalau aku jadi Severus Snape, aku masuk Slytherin tapi aku akan mengubah Slytherin menjadi asrama yg positif tanpa meninggalkan unsur dark-nya, jadi Lily Evan ngga akan berpaling ke James Potter, eh ini kok jadi fanfic :P Severus Snape selain cerdas ambisius dan manipulatif dia juga setia dan rela berkorban.

9.Mbak lina sudah follow blog anggota BBI. Blog buku favenya apa?

sejujurnya ngga ada blog buku yg benar2 aku favoritkan, semua blog punya style nya masing2. Ada blog yg bukunya lebih banyak romance, ada blog yg bukunya lebih banyak fantasy, teenlit, non fiksi, bertema feminist, dlll. kalau kebetulan blog yg aku follow memuat review buku yg pernah kubaca biasanya aku akan ikut comment untuk sekedar compare selera :D

10. Nah sebagai anggota baru BBI apa harapan mbak Lina untuk BBI?

Harapan untuk BBI kedepannya?
Hmm, selalu aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia, kalau para movie blogger sukses menyelenggarakan piala maya, jass comnunity punya event Java Jass fest mungkin BBI bisa bikin event yg serupa tapi tak sama. Karena buku pada dasarnya dunia yang kurang glamour seperti film dan musik. Mungkin bisa bikin sejenis acara Ubud Writer Fest yg tempatnya tiap tahun beda kota dan undang para penulis mulai dari penulis baru sampai penulis beken, editor, book translator (Mery Riana, Primadona Angela, Trinity Traveler, Agnes Donovar, dll) soal biasanya penulis cuma mau tampil alau lagi ada acara bedah bukunya doank. Hehehe muluk tapi bukan tak mungkin. Dan meskipun BBI anggotanya tambah banyak tapi tetap fokus pada visi dan misinya, o ya saya suka dengan even close up interview, sekiranya mengurangi untuk merasa terasing di BBI :D

Nah itu lah secuplik wawancara dengan mbak Lina , ayo di follow blognya , hijau cantik, bikin adem yang melihat. Review bukunya juga asik asik.
Thanks to BBI semoga dengan adanya acara Close Interview BBi kita dapat saling kenal lebih akrab dan semoga terus maju BEbi.