Review : The Lost Symbol

Pengetahuan adalah alat, dan alat dampaknya berada ditangan pengguna

Judul : The Lost Symbol
Pengarang : Dan Brown
Penerbit : bentang
Tebal : 757 hlm
Penerjemah : Ingrid Dwijani Nimpoeno

Sinopsis
“Tangan Misteri yang ditunjukkan penggalan tangan Peter Solomon adalah undangan untukmu, Mr. Langdon. Undangan untuk membuka sebuah portal kuno yang tersembunyi di Washington, DC. Jadi, di manakah portal itu, Profesor?”

Robert Langdon, sang simbolog genius yang berhasil memecahkan Da Vinci Code, kembali hadir dalam petualangan berbahaya yang penuh teka-teki. Undangan ceramah di Gedung Capitol, Washington, DC, berubah menjadi undangan kematian.

Seseorang meletakkan simbol Tangan Misteri yang dibuat dari penggalan tangan Peter Solomon, sahabat dan mentor Langdon, sekaligus tokoh penting Persaudaraan Mason.
Sang penculik Peter meminta Langdon memecahkan kode-kode kelompok rahasia Mason yang melindungi sebuah lokasi di Washington, DC. Lokasi penyimpanan kebijakan tertinggi umat manusia, yang konon akan membuat pemegangnya mampu mengubah dunia.

Menjelajahi terowongan-terowongan bawah tanah Gedung Capitol, Perpustakaan Kongres, kuil-kuil Mason, dan Monumen Washington. Langdon harus berpacu dengan waktu sekaligus menghindari kejaran CIA yang menganggapnya sebagai ancaman nasional.

Review
Setelah Angels & Demons, dan The Da Vinci Code, Robert Langdon kembali menguak kode-kode rahasia. Kali ini, Langdon akan membongkar rahasia Freemason.
Novel ini cukup bagus dan menegangkan, menyingkap berbagai misteri mengenai Freemason dan kota Washington. Dan Brown memang ahli membuat novel berbau konspirasi. Tetapi kelemahannya terletak pada plot cerita, novel ini bisa dikatakan persis dengan novel-novel Dan Brown lain dengan tokoh utama Robert Langdon. Semua merupakan petualangan semalam suntuk diburu waktu untuk mengungkap rahasia di balik suatu organisasi dan menyelamatkan seseorang atau sesuatu.Plot/Alur yang maju mundur sedikit membuat novel ini terasa berat, namun dengan kejeniusan pengarang merangkai peristiwa sejarah dengan simbol simbol serta kelompok kelompok rahasia yang sudah tenar di dalam peradaban dunia membuat pembaca selalu penasaran untuk terus mengikuti jalan cerita novel ini.

Rekomendasi yang bagus bagi pencintaa novel-novel penuh simbol dan kode sejenis Da Vinci Code. Tetapi jangan kecewa karena novel ini sangat mengingatkan kita pada novel-novel Dan Brown lain.

Reading level dewasa

Rating 4 bintang