Review : Rectoverso

Judul : Rectoverso
Penulis : Dewi Lestari
Cetakan : Juli 2008
Jenis Buku : Fiksi

Sinopsis
Dewi Lestari yang bernama pena Dee, kali ini hadir dengan mahakarya unik dan pertama di Indonesia. "Rectoverso" merupakan hibrida dari fiksi dan musik, terdiri dari sebelas cerita pendek dan sebelas lagu yang bisa dinikmati secara terpisah maupun bersama-sama. Keduanya saling melengkapi bagaikan dua imaji yang seolah berdiri sendiri tapi sesungguhnya merupakan satu kesatuan. Inilah cermin dari dua dunia Dewi Lestari yang ia ekspresikan dalam napas kreatifitas tunggal bertajuk "Rectoverso". Dengar fiksinya. Baca musiknya. Lengkapi penghayatan anda dan temukanlah sebuah pengalaman baru.
( Goodreads)

Review
Rectoverso merupakan pengistilahan untuk dua citra yang seolah terpisah tapi sesungguhnya satu kesatuan. Saling melengkapi Dee menyuguhkan 11 fiksi dan 11 lirik lagu yang dikemas dalam buku beserta CD. Kedua karya ini saling bercermin, tapi pada saat bersamaan bisa dinikmati sebagai dua karya yang terpisah.
Dee mencoba membangkitkan perasaan dari sisi pria dengan slogan, baca musiknya, sedangkan dari sisi wanita, dengar fiksinya. Recto adalah telinga, dan Verso adalah mata. Itulah mengapa, di salah satu sisi buku ini dikatakan Dengar fiksinya. Baca Musik. Terlihat gambar seorang wanita sedang menempelkan buku Rectoverso ke telinganya untuk mendengarkan musik, sedangkan pria sedang membaca CD.
Jadi dalam Recto Verso ini, perpaduan kepiawaian menulis Dee dalam membuat cerita pendek dan lagu semakin komplet dengan pengemasan yang unik. Secara keseluruhan, Recto Verso menghamparkan keindahan yang lengkap kepada pembaca.
Ditinjau dari segi fisik, buku ini sangat menarik. Kualitas kertasnya bagus, menggunakan double cover sehingga bisa melindungi cover aslinya. Dilengkapi dengan ilustrasi dan foto-foto yang berkesan. Ditambah setiap lagu untuk setiap cerpen, membuat tampilan Buku Rectoverso semakin meyakinkan untuk menjadi buku berkualitas. Dengar fiksinya. Baca musiknya
Apalagi buku ini dinikmati sambil mendengarkan kesebelas lagu yang juga diciptakan Dee. Hal itu semakin memanja seluruh indra pembaca menikmati keindahan yang tertuang dalam Recto Verso. Dan yang paling penting buku ini mencoba menyapa siapa saja yang menyukai keindahan. Baik itu para pencinta karya sastra, maupun pencinta musik.

Kesimpulan
Buku yang indah ini amat layak dikoleksi

Reading level
dewasa muda

Rating : 4 bintang