Review : the Kane Chronicles Book #1 The Red Pyramid

Judul : The Kane Chronicles : The Red Pyramid
Penulis : Rick Riordan
Penerjemah : Aditya Hadi Pratama
Penerbit : Mizan Publika
Cetakan : Pertama, September 2011
Tebal : 518 halaman
ISBN : 978-979-433-652-6

Sinopsis
Sang manusia api melambaikan sebelah tangannya. Lingkaran biru di kaki ayah menjadi gelap. Ayah berusaha meraih kotak peralatannya dengan susah payah, namun kotak itu tercecer di lantai. Dengan jentikan tangannya yang lain, manusia api itu menyulap sebuah peti mati bercahaya yang mengurung ayah kami. Ayah menatapku untuk terakhir kalinya, dan menggumamkan sebuah kata:

LARI!

Yang disaksikan Carter dan Sadie malam itu benar-benar mimpi buruk. Seorang manusia api mengurung ayah mereka di dalam sebuah peti mati dan menenggelamkan peti itu ke dalam bumi. Kedua kakak beradik itu pun terjebak dalam sebuah petualangan menegangkan yang akan menguak rahasia keluarga mereka.

Sebelum menghilang, ayah mereka telah membangkitkan lima dewa Mesir kuno. Dan kini, salah satu dewa Mesir yang suka membuat onar, Set, mengincar nyawa Carter dan Sadie. Dengan hanya berbekal sedikit pengetahuan tentang kekuatan magis yang mereka miliki, mereka terus berjuang untuk menyelamatkan diri mereka dan mencari ayah mereka. Mengapa Set mengincar nyawa mereka? Mampukah mereka menemukan ayahnya?

Review
The Red Pyramid mengisahkan dua orang kakak beradik yang terjebak dalam peristiwa mengerikan di Museum British, tidak hanya dihadapkan dengan situasi yang ganjil, Carter dan Sadie malah menjadi saksi hadirnya lima dewa dewi mesir kuno yang bangkit bersama dengan hancurnya batu Rosetta yang diledakkan oleh sang ayah. Misi penyelamatan menjadi prioritas, tatkala Seth, salah seorang dewa yang terkenal sebagai biang keonaran menawan ayah mereka dalam sebuah peti yang bertabur emas dan permata. Lambat laun diketahui Seth tak hanya mengancam nyawa Carter dan Sadie tetapi juga mengancam seluruh kehidupan di dunia dalam rencananya rmembangun Piramida Merah.


Kenyataan yang mengejutkan akan senantiasa mengiringi perjalanan Carter dan Sadie dalam usahanya mengalahkan Seth, termasuk kemampuan magis yang tiba-tiba dimiliki oleh mereka serta hubungannya dengan para dewa dewi mesir yang telah bangkit. Satu persatu tokoh-tokoh asing mulai muncul dan mengakibatkan serentetan peristiwa yang menguras tenaga dan emosi, pertempuran dan dendam para dewa yang sulit untuk dielakkan, makhluk-makhluk yang berdatangan dari duat, huruf-huruf hieroglif yang bertaburan serta mantra-mantra yang membahayakan hingga pada akhirnya berujung dengan terungkapnya rahasia mengenai cara menaklukkan Seth.

Sebagaimana halnya serial Percy Jackson dan The Heroes of Olympus, there’s more than meet the eye dalam The Kane Chronicles. Sepanjang buku pertama lawan yang harus dihadapi oleh anak-anak Kane adalah Set.selain itu dalam novel ini dikisahkan mengenai para dewa cara mereka berinteraksi dengan manusia sangat beda dengan para dewa Yunani / Romawi berkomunikasi.

Rick Riordan piawai menghasilkan kisah yang tidak hanya dinikmati dari segi fantasinya saja tetapi juga dari segi ilmu pengetahuan, secara tidak langsung The Red Pyramid telah mengulas Sejarah dan Mitologi Mesir yang dikemas khusus ke dalam kisah fantasi, mulai dari mesir di abad kuno hingga abad modern
Jadi novel ini tidak kalah menarik dengan seri Percy Jackson dan recommended untuk pecinta fantasi

Reading level
Young reader

Rating
5 bintang